2 Tahun bersama Vega

Sebagai alat transportasi kota, Yamaha New Vega R bisa diandalkan. Selain irit bahan bakar akselerasinya cukup bagus sehingga tidak menyulitkan pemakainya melibas medan perkotaan yang macet dan panas. Dua tahun sudah motor ini menemani saya beraktivitas, dan rasanya kualitas yang dimiliki benar-benar bukan murahan.

Sekali lagi tulisan ini merupakan hasil pengamatan saya pribadi, yang tentu saja hasilnya kan berbeda tergantung kondisi, perawatan, dan cara pemakaian motor itu sendiri. Motor ini ketika menginjak usia 2 tahun speedo meternya telah menunjukkan angka 30152 Km. Selalu mendapatkan perawatan rutin sesuai dengan jadwal servis berkalanya.

Bagaimana perawatannya ?

Vega R termasuk motor yang bandel, tidak membutuhkan biaya besar untuk merawatnya. Paling-paling sekitar 2 bulan sekali diantar ke bengkel untuk servis ringan. Spare-partnya pun masih banyak yang belum mengalami penggantian. Baru lampu depan (setelah satu setengah tahun pemakaian), Kampas rem depan (setelah satu setengah tahun pemakaian), Ban dalam depan dan belakang (setelah satu tahun delapan bulan) dan Aki ketika menginjak usia 2 tahun kurang tiga hari yang sudah diganti. Selain itu belum ada yang diotak-atik apalagi diganti akibat kerusakan.

Konsumsi Bahan bakar.

Dari pertama kali memakainya hingga hari ini rasanya nggak terlalu berbeda tetap dalam batasan irit bagi saya. Setelah dua tahun pemakaian rata-rata satu liter bensin yang minum masih kuat hingga 50 Km, ah Rizkee bisa-bisanya melebih-lebihkan……..???? Nggak kok, Saya mengisi bensin cukup satu minggu sekali. Dengan penggisian 4 Lt alias Rp. 24.000,- bisa bertahan hingga 6 hari kerja. Jarak rumah saya di Kalimalang (Jaktim) ke tempat kerja di kawasan Manggarai (Jaksel) sekitar 17 Km, jadi jarak yang saya tempuh pulang pergi tanpa mampir ke mana-mana sekitar 34 Km. Total jarak yang tempuh selama satu minggu +/- 204 Km dengan Bensin yang diminum sebanyak 4 liter, berapa rata-ratanya silahkan bagi sendiri ya…. !

Dipakai kemana aja tuh motor ?

Bukan saja digunakan untuk aktivitas sehari-hari, motor ini juga pernah saya ajak beberapa kali “jalan-jalan” ke luar kota. Diantaranya :

Jakarta – Curuq Nangka (Bogor) Pp

Jakarata – Anyer Pp

Jakarta – Bandung – Tangkuban Perahu Pp (2 Kali)

Jakarta – Bandung

Jakarta – Pelabuhan Ratu Pp

Jakarta – Puncak (3 kali)

Jadi selain digunakan melibas medan Ibu kota, motor ini telah saya ajak pula untuk melibas perjalanan luar kota yang memiliki medan yang beragam.

Makanya saya sendiri sudah cukup puas memilih Yamaha New Vega R sebagai kendaraan harian.Memang tidak ada gading yang tak retak, motor ini pun memiliki kelemahan. Rasanya Vega cukup mumpuni untuk tarikan bawah hingga menengah, namun agak kurang ditarikan atasnya. Namun hal tersebut tidaklah berpengaruh besar dalam pemakaian dalam kota, wong dikit-dikit macet….!

Apa saja yang perlu didandani dalam waktu dekat ini ?

Pertama mungkin saya ingin mengganti kedua ban luarnya. Jujur aja kondisi ban masih tebal namun apabila kita teliti lagi ternyata tekstur ban sudah mulai mengeras. Bagian dalam ban luar sudah ditemukan beberapa retakan yang bisa menyebabkan ban dalam bocor bila terlalu lama bergesekan dengannya.

Saya juga sedang mengumpulkan beberapa informasi, apakah motor ini sudah selayaknya dilakukan servis besar ? menginggat pemakaiannya yang sudah 2 tahun. Rasanya nggak berlebihan jika ada yang mengatakan dengan harga 11 Juta pesaingnya pun nggak akan mungkin bisa mengeluarkan motor dengan kualitas yang sama dengan Vega R. Selamat ulang tahun ya, tetap semangat dan tetap bandel…….!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: