Tauladan dari Kehidupan Ulama

Menjelang masuknya bulan Ramadhan, ada beberapa hal menarik yang sedang saya geluti akhir-akhir ini. Salah satunya mencari bahan-bahan tulisan mengenai biografi beberapa Ulama asal Indonesia, A. Hassan, Mohammad Natsir, Buya Hamka, dan lain sebagainya.

Mengapa saya tertarik akan biografi para Ulama ini ? Awalnya saya diberi Majalah oleh seorang teman yang isinya mengulas 100 tahun M Natsir. Begitu membaca satu per satu artikel yang ada dalam majalah tersebut saya langsung kagum dan tergelitik untuk mencari informasi lebih mendalam lagi. Jujur saja, banyak cerita dari kehidupan Ulama menjadi inspirasi saya dalam menjalani hidup ini. Kehidupan para ulama penuh kesahajaan, sederhana, tidak berlebihan namun tidak kekurangan. Demikian pula dengan M. Natsir yang perjalanan hidupnya baru saja saya baca dari Majalah tersebut, selain Ulama beliau juga seorang politikus, pejuang, dan negarawan yang dimiliki bangsa ini. Namun bagaimana kehidupannya, sungguh berbalik 180 derajat dibandingkan kehidupan politikus kita sekarang.

Tentu tidak ada gading yang tak retak, tidak ada manusia yang sempurna. M. Natsir dan ulama lainnya tentu memiliki kealpaan dan kekurangan. Namun Insya Allah kebaikan yang telah mereka toreh dalam lembar kehidupan ini akan menutupi segala kekurangan itu. Mereka pantas menjadi tauladan dan guru bagi kita semua !

Satu Tanggapan

  1. rasulullah SAW adalah suri tauladan yang baik dalam kehidupan manusia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: