Mengenal Blog

Blog atau Weblog adalah istilah yang ditemukan pertama kali oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn menggunakan istilah ini untuk menyebut website-website yang berupa catatan harian seorang websurfer (serupa dengan Captain’s Log dalam sebuah pelayaran). Setiap hari, websurfer tersebut menulis catatan dan link ke website yang ia temukan dan kunjungi, disertai dengan komentar dan opini tentang website lain tersebut.

Bagian blog yang mengandung catatan dan opini ini pulalah yang kemudian menjadi karakteristik utama blog yang kemudian lebih dikenal dunia secara luas. Orang menganggap blog hanyalah berupa catatan harian (diary) yang disimpan di Internet dan dapat dibaca oleh banyak orang. Padahal catatan harian tersebut hanyalah sebagian dan bukan bagian utama dari blog.

Tidak salah ketika orang mengenal blogger sebagai penulis catatan harian online karena tidak dipungkiri bahwa kadang catatan pribadi seseorang seringkali dianggap menarik oleh orang lain. Makin jujur, terbuka, dan informatif sebuah blog makin menarik untuk dibaca.

Saat ini telah banyak layanan gratis untuk membuat sebuah blog. Blogger.com (telah dibeli oleh google) berhadapan dengan penyedia layanan blog lain seperti Xanga, Blogdrive, MSN Spaces, Multiply, WordPress.com, dan lainnya. Sedangkan di Indonesia sendiri terdapat beberapa blog hosting yang dapat digunakan secara gratis untuk membuat sebuah blog, sebut saja dagdigdug.com, blogdetik.com, dan sebagainya.

Bisa dikatakan blog merupakan sebuah paradigma baru dalam sejarah distribusi informasi umat manusia. Belum pernah dalam sejarah umat manusia seorang individu dapat memiliki media yang sepenuhnya miliknya sendiri. Ia seorang penulis, editor, dan sekaligus reporter, dan yang pasti owner dari media itu sendiri.

Mungkin tulisan ini dapat berguna bagi kita semua untuk lebih mengenal blog. Tulisan ini merupakan saduran dari catatan Enda Nasution yang dimuat dalam Majalah Chip Spesial Blogging.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: