Lagi-lagi Bocor!

Ban motor bocor lagi……, itulah yang saya alami hari ini untuk sekian kalinya selama mengendarai motor. Mungkin anda bisa bilang “ah tinggal tambal, gitu aja kok repot!”, tapi masalahnya nggak segampang itu. Saya seringkali dikecewakan oleh pelayanan tambal ban di pinggir jalan, maaf kalau mau dibilang banyak “penjahatnya”. Beberapa kali ban dalam saya dirusak dengan trik-trik mereka, terutama ketika akan mengeluarkan ban dalam. Makanya sebisa mungkin mata nggak boleh lepas selama proses penambalan, mulai dari membuka hingga ban terpasang kembali. Kalau nggak kadang pentil ban yang semula terpasang bisa lepas dari posisinya, dan kalau sudah lepas mau nggak mau you mesti beli ban dalam baru. Mau tahu harganya ….? Rp. 30.000,- untuk ban dalam tanpa merek dan tanpa kualitas alias abal-abal.

Tapi Alhamdulillah, hari ini saya mendapatkan tukang tambal ban yang terpercaya. Nggak kelihatan kalau ada niat iseng selama pengerjaan. Hingga setelah 15 menit menunggu motor bisa digunakan kembali. Si abang juga sempat memberi saran kepada saya kalau sebaiknya mengganti ban luar, karena sepertinya ada keretakan di bagian dalam ban yang menyebabkan ban dalam menjadi bocor (mungkin sisi kasar dari bagian yang retak sering bergesekan dengan ban dalam). Padahal ban luar saya masih sangat tebal sekali belum tampak ada sisi yang tipis, namun karena penggunaannya yang sudah hampir dua tahun menyebabkan ban menjadi keras. Makanya si abang juga menjelaskan bahwa ban yang saya gunakan memang masih bagus (tebal) tapi sesungguhnya teksturnya sudah mengeras, berbeda dengan ban baru yang masih lentur dan lembut.

Wah dapat pelajaran baru nih, ternyata ban bocor itu nggak selalu disebabkan oleh benda tajam macam paku, bisa saja akibat kondisi ban yang sudah tidak layak seperti yang saya alami hari ini. Selama ini saya sering su’udzon (berburuk sangka) sama yang namanya tukang tambal ban. Dan ternyata hari ini saya mendapatkan ilmu baru dari salah seorang dari mereka. Tapi, waduh……. Lagi-lagi mesti ngeluarin anggaran tak terduga dong buat ganti ban…….!

Tinggalkan Balasan

