Beberapa Kemungkinan Penyebab Kecelakaan Sophan Sophiaan

Beberapa kemungkinan bisa menjadi penyebab kematian aktor sekaligus politikus Sophan Sophiaan dalam kecelakaan motor yang dialaminya. Semua ini memang sudah menjadi ketetapan-Nya namun tidak ada salahnya kemungkinan-kemungkinan ini menjadi bahan referensi guna memperbaiki tingkat keamanan dan keselamatan kita semua dalam berkendara (khususnya pengendara sepeda motor).

1. Konsentrasi yang mulai mengendur.

Dari beberapa informasi, kita tidak mendapati kabar bahwa ada pengendara lain dalam rombongan tour ini yang terjatuh selain Sophan Sophiaan akibat lubang besar yang diduga sebagai penyebab tewasnya aktor senior ini. Kemungkinan faktor fisik dan usia menjadi penyebab kendornya konsentrasi akibat perjalanan jauh yang dilakukan. Ini harus menjadi bahan pertimbangan bagi kita semua apabila ingin mengadakan perjalanan jauh., terutama menggunakan motor. Tidak saja kondisi motor yang mesti fit, kondisi penggendaranya pun harus menjadi pertimbangan juga. Perjalanan berhari-hari seperti halnya yang dilakukan oleh Sophan Sophiaan, memerlukan kesiapan fisik dan mental yang baik. Satu faktor melemah niscaya akan menganggu segalanya, termasuk konsentrasi si pengendara. Nah, bisa jadi aktor kita ini tidak lagi memiliki konsentrasi yang baik akibat perjalanan berat yang telah ditempuh, sehingga sebuah lobang besar pun luput dari pandangan beliau. Apabila benar maka dapat dipastikan bahwa beliau secara fisik dan mental telah kelelahan dan harusnya mengundurkan diri dari rombongan atau ikut dalam rombongan mobil saja.

2.Tidak menggunakan perlengkapan berkendara yang aman dan benar.

RCTI sempat menayangkan detik-detik terakhir kegiatan beliau sebelum mengalami kecelakaan. Di sana terlihat beliau hanya memakai Helm half face dan jacket tanpa pelindung. Dalam perjalanan jauh, apalagi rute yang akan dilalui bukan rute yang familiar bagi kita sudah semestinya perlengkapan berkendara mesti diperhatikan. Helm half Face tidaklah maksimal dalam melindungi kepala terutama bagian wajah. Apabila pengendara terjatuh maka bagian-bagian vital seperti dagu akan riskan sekali mengalami benturan. Demikian juga jacket yang digunakan mesti menggunakan pelindung, terutama pada bagian-bagian yang vital macam sikut, pundak dan lengan. Menurut kabar aktor Sophan Sophiaan mengalami patah kaki dan luka dalam akibat benturan di dadanya. Ini menandakan pentingnya pelindung tubuh dalam berkendara. Dalam perjalanan jauh macam touring yang dilakukan aktor Sophan Sophiaan segala kemungkinan bisa saja terjadi karena jalan dan rute yang dilalui tidak setiap hari dilalui apalagi bila ini yang pertama kalinya. Medan yang ditempuh bisa berubah setiap saat, jalan yang mulanya mulus bisa tiba-tiba rusak, Jalan yang mulanya kering bisa tiba-tiba basah dan licin. Ini semua harus diwaspadai selama perjalanan.

3. Kurangnya Pemahaman Etika berkonvoi

Aturan-aturan dan etika berkonvoi mesti dipahami oleh semua peserta perjalanan yang dilakukan secara konvoi. Ini sangat penting, apabila tidak signal-signal yang mestinya bisa menjadi perhatian tidak tertangkap secara baik oleh peserta yang lain. Mungkin saja rombongan di depan sudah memberi signal akan adanya rintangan di jalanan baik berupa jalan yang rusak atau binatang yang melintas yang dapat membahayakan pengendara. Sekali lagi ini mesti dipahami dan tidak boleh diremehkan jika tidak ingin perjalanan yang mengasyikan berubah menjadi bencana yang tidak diinginkan. Termasuk etika berkonvoi adalah dengan selalu menjaga jarak antar pengendara, ini kudu diperhatikan juga, sudah sering terjadi tabrakan beruntun dalam sebuah perjalanan yang dilakukan secara berkonvoi. Selain itu dengan selalu menjaga jarak, pandangan antar pengendara akan lebih terbuka sehingga antisipasi dapat dilakukan dengan lebih baik apabila menemui rintangan yang tak terduga.

Point-point di atas mungkin sedikit dari beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab tewasnya aktor Sophan Sophiaan. Kingandam turut berduka cita, semoga arwah beliau diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Photo diambil di SINI


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: