Peningkatan Kualitas Diri dalam Menggapai Mimpi

Telah menjadi mimpi kebanyakan orang untuk bisa berkarir di perusahaan besar nan bonafit dan diganjar oleh tumpukan rupiah atas jerih payahnya. Namun mimpi yang besar ini sayangnya banyak dikejar tanpa dibekali oleh usaha-usaha yang besar pula. Ambisius yang berlebihan kadang dapat mematikan bahkan memusnahkan mimpi tadi lebih cepat.

Hal seperti ini biasanya lebih sering dilakukan oleh mereka yang berusia muda, ambisi untuk cepat kaya dan terhormat secara berlebihan kadang membutakan mata untuk melangkah ke arah yang sebenarnya. Entahlah mungkin sudah menjadi trend bagi kebanyakan orang untuk mengambil jalur “karbitan” dibandingkan matang di pohon dalam meraih kesuksesan.

Trend loncat sana, loncat sini untuk mendapatkan gaji yang lebih besar sering kali menjadi pilihan. Anggapan mereka, kalau pindah kerja tentu saja gaji yang diterima bisa lebih tinggi daripada di tempat kerja sebelumnya. Ketika mereka diterima kerja di tempat yang baru, maka jangan heran bila dalam hitungan bulan saja mereka akan kembali sibuk mencari-cari kerjaan baru, ya bisa lewat koran Kompas Sabtu-Minggu, atau lewat layanan situs pencari kerja macam Jobsdb atau Karir dot com. Ini sebuah ambisi yang justru dapat menenggelamkan mereka ke dasar jurang kegagalan.

Bagaikan berenang di lautan, kemampuan dan keterampilan yang minim akan menenggelamkan perenang pemula yang mencoba melintasi dalam dan ganasnya sebuah samudera. Mengapa ? karena tantangan dan beban yang dihadapi tidak sebanding dengan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki. Demikian juga dalam berkarir, apabila anda lebih mengedepankan ego dan ambisi tanpa memperhitungkan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki maka dalam hitungan yang singkat pula karir anda akan amblas didasar jurang kegagalan.

Logika sederhananya, mana mungkin kita dibayar dengan kepantasan yang besar apabila kita sendiri tidak memiliki kemampuan dan kualitas diri yang besar. Penghargaan itu tidak akan datang sebelum adanya prestasi. Jadi fokuslah pada usaha-usaha anda dalam membesarkan dan meningkatkan kualitas diri, kemudian kesempatan dan peluang besar pasti akan datang, dan ini semua tentu saja membutuhkan kerja keras dan kesabaran dalam kematangan, bukan sekedar mimpi yang menghiraukan kemampuan dan kualitas yang dimiliki. Hal semaacam ini seringkali tidak disadari akibat terlalu berfokus pada mimpi-mimpi besar yang hadir dalam diri seseorang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: