Laskar Pelangi, Bagi ku !

laskar-hc-61.jpg
 

Beruntung sekali saya sempat menyaksikan siaran ulang Kick Andy yang mengangkat tema Laskar Pelangi. Tema ini diangkat dari sebuah buku yang fenomenal dengan judul yang sama karya penulis muda Andrea Hirata. Sebuah catatan memoar yang dibungkus dalam bentuk sebuah novel yang enak sekali untuk dibaca hingga kita akan merasa sayang untuk tidak membalik halaman berikutnya.

Oh iya mengapa saya bilang beruntung sekali menyaksikan acara tersebut ? sudah menjadi kebiasaan saya selalu dan selalu kalau mau membeli buku itu bila sudah membaca atau mendapatkan referensinya, minimal saya yakin kalau buku yang akan saya beli dan baca tersebut perlu dan memang layak untuk di kupas…… dengan menyaksikan acara tersebut saya mendapatkan satu lagi referensi yang akan menambah koleksi bacaan keluarga.

Keesok hariannya saya langsung mencari buku ini ke Gramedia Matraman, alangkah terkejutnya saya begitu mengetahui bahwa buku ini masuk dalam jajaran Top Ten tepatnya posisi kedua setelah buku Harry Potter. Dan yang lebih mengejutkan lagi ternyata buku yang saya beli ini adalah buku cetakan keenam belas WOW ! sedangkan cetakan pertamanya sendiri terbitan September 2005, ah alangkah telatnya saya mengetahui keberadaan buku bagus ini…..!

Benar saja begitu membacanya saya jadi kerajingan hingga enggan untuk berhenti membalik halaman berikutnya. Jujur saja ketika membaca novel ini saya bagai terhempas kembali ke masa kecil, dimana masa-masa itu lebih banyak saya habiskan di Pekanbaru sebuah ibu kota propinsi yang masyarakatnya juga dari rumpun melayu. Tokoh-tokoh yang tergambarkan dalam novel ini bagai menghadirkan sahabat-sahabatku dulu di sana.

Rindunya dengan sahabat yang telah menjadi saksi perkembangan hidup seorang Rizky di Dunia ini. Ya Hendro dan hendra bromike sahabat ku di SMPN IV Pekanbaru, entahlah apa khabarmu kawan ? Heru Suroso sahabat sejati sejak aku di SD Bhayangkari I Pekanbaru hingga di SMPN IV Pekanbaru….., hingga sekarang aku masih menginggat detail kehangatan dalam persahabatan bersamanya, dan hingga kini aku masih berjanji dalam diri yang lemah ini jika suatu saat aku harus dan mencari keberadaannya. Sayang persahabatan yang hangat ini harus terpisahkan sejak kepindahaan kami sekeluarga kembali ke Jakarta, dan sejak itu aku tidak memiliki link lagi untuk berhubungan dengan mereka. Bagi yang membaca tulisan ini dan mengenal mereka bisa contact saya melalui email rizkee@yahoo.co.id .

pemimpi.jpgedensor1.jpg

Kembali ke buku Laskar Pelangi, keasyikan membaca buku ini membuat saya tidak sabar untuk memiliki serial lainnya. Maklum saja buku ini memiliki 3 tetralogi lagi sebagai lanjutan dari buku Laskar Pelangi, yaitu; Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov. Salut buat Andrea Hirata !

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: