Persiapan Presentasi

presentasi.jpg

Hari ini merupakan deadline bagi saya untuk menyerahkan materi presentasi kepada manajemen, Alhamdulillah semua dapat terselesaikan dengan baik sesuai dengan schedule. Sekarang ini yang saya lakukan adalah mempelajari data dan bahan yang akan saya presentaiskan sekaligus menunggu dengan manis kapan undangan “eksekusi” itu datang.

Sebelum menyerahkan materi presentasi, saya mengadakan “latihan” kecil-kecilan di rumah. Satu per satu slide saya buka di saksikan istri yang berperan sebagai “juri” agar suasana presentasi benar-benar terasa. Meski telah menguasai data dan bahan presentasi tersebut, namun begitu mencobanya ternyata sulit juga. ide-ide yang selama ini tersimpan baik di kepala seolah-olah hilang, kata-kata yang selama ini telah tersusun rapi mendadak berubah jadi ah…… eng…….emmm……., dan sebagainya.

Wah bahaya juga nih bisa-bisa pas presentasi hal-hal kayak gini benar-benar muncul beneran……..,!

Begitu sampai kantor, saya langsung menemui Paman Google untuk mencarikan saya tips-tips mengenai presentasi. Semua bahan saya kumpulkan mudah-mudahan nanti di rumah punya kesempatan untuk membacanya lagi.

Makanya siapa bilang ngomong itu gampang ?