Kualitas Pekerja dan Salary

sepatu-1.jpg

 

Dalam beberapa hari terakhir ini saya disibukkan oleh tugas dari manajemen, mereka meminta saya menganalisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat) di Department yang saya pimpin. Adapun point-point yang saya analisa adalah pada aspek Tenant, Merchandise, Service, Fasilitas, dan Sales Assistant.

Agar analisa ini bisa lebih objective maka saya melakukan survey langsung ke lapangan, terutama pada point Service, Merchandise, dan Sales Assistant. Saya membuat kuisioner kecil-kecilan, dan hasilnya cukup mengejutkan terutama pada masalah Sales Assistant.

Sales Assistant adalah Tenaga Penjual yang ditugaskan oleh Mitra usaha di Dept Store kami, atau mungkin saudara lebih mengenalnya dengan istilah SPG. Dari jawaban-jawaban kuisioner yang saya terima alangkah terkejutnya saya ketika mengetahui masih banyak diantara mereka yang dibayar (digaji) masih di bawah UMR. Padahal mereka-mereka ini adalah ujung tombak dalam bisnis retail, merekalah yang menjadi tumpuan utama dalam proses penjualan.

Saya jadi berfikir, pantaslah bila terkadang kecewa dengan kinerja mereka yang jauh dari harapan. Kecilnya pendapatan yang mereka terima ternyata sebanding dengan tuntutan, sehingga performa dan kinerja mereka bisa dibilang apa adanya. Tugas yang mereka kerjakan tidak lebih dari sekadar menjaga counter, tanpa didukung oleh pengetahuan dan kemampuan kerja yang baik sebagai tenaga penjual. Banyak mitra usaha yang tidak membekali mereka dengan pelatihan terlebih dahulu, Sales Assistant yang direkrut langsung terjun kelapangan meski dengan pengetahuan yang minim alias ala kadarnya.

Mitra usaha sebenarnya menyadari bahwa ini merupakan sebuah kelemahan, namun mereka tidak bisa berbuat banyak. Biaya produksi yang tinggi menjadikan mereka harus menekan biaya lainnya, salah satunya adalah gaji Sales Assistant. Dampaknya tentu saja standart perekrutan harus dikorbankan, yang akhirnya hanya mampu menyaring tenaga-tenaga penjual yang minim pengetahuan, minim kemampuan, dan minim dari kelayakan.

Tinggalkan Balasan

