Mampir Ke Toko Buku Gramedia

buku.jpg

Belum lama ini saya dan Istri mendatangi toko buku Gramedia yang ada di Jalan Matraman. Ternyata Toko buku ini sudah mengalami renovasi, meski garis bangunan lamanya masih kelihatan namun begitu masuk ke dalam tampilan Toko Buku yang satu ini benar-benar sudah di make over. Customer tidak perlu capek-capek lagi untuk menaiki tangga, karena bangunan ini sudah difasilitasi dengan escalator. Kalau dulu pembayaran dilakukan ketika ingin keluar sekarang tidak lagi, setiap sudut sudah terdapat meja-meja kasir yang didesain dengan bagus yang siap melayani transaksi anda. Jadi meskipun anda sudah menyelesaikan transaksi namun tetap bisa untuk melihat-lihat koleksi buku yang lainnya, ya seperti layaknya berbelanja di Dept store saja. ini merupakan strategi bagus yang dilakukan oleh pihak Gramedia, kalau system yang lama begitu customer mendapatkan buku yang dituju, mereka akan langsung menuju meja kasir begitu transaksi selesai berarti customer sudah berada di luar area pembelanjaan. Sekarang tidak lagi, system yang baru ini akan lebih memainkan psikologi customer, sehingga kemungkinan customer berbelanja buku “lebih” semakin tinggi, karena meskipun telah menyelesaikan transaksi customer masih berada di area pembelanjaan dan dapat meneruskan untuk melihat koleksi buku-buku lainnya.

Namun ada sedikit yang harus dtinjau lagi, setiap kali customer menaiki escalator maka di ujung sana akan ada security yang akan menyambut dengan salam. Secara etika sungguh bagus karena salam yang hangat akan menimbulkan rasa nyaman, namun cara-cara seperti ini tidak selamanya menimbulkan efek demikian. Beberapa customer justru akan merasa risih karena kebanyakan sambutan, Tindakan seperti ini saya rasa cukup jika hanya dilakukan di pintu masuk. Jadi ketika sudah memasuki area pembelanjaan berikan keleluasaan dan kenyamanan sepenuhnya kepada customer.

Sebaliknya, beberapa customer sempat saya temui kesulitan untuk mengambil buku yang berada di rak paling atas. Saya tidak tahu apakah rak-rak baru ini memang didesain berukuran lebih tinggi dibandingkan rak buku yang lama. Sayangnya tidak ada pramuniaga yang berada di sekitar itu sehingga mereka meminta bantuan kepada customer lainnya. Hal seperti ini seringkali saya sampaikan kepada pramuniaga yang bertugas (kebetulan saya juga bekerja di sebuah toko retail) agar mereka tidak memposisikan diri terlalu dekat dengan customer, sehingga customer tidak merasa diawasi atau dibuntuti. Karena ada beberapa customer justru akan merasa tidak terlalu nyaman bila selalu diikuti. Amblillah jarak yang masih dalam jangkauan, sehingga ketika kita melihat customer sudah memperlihatkan gelagat butuh bantuan pramuniaga yang bertugas siap melayani.

Setelah puas melihat koleksi buku yang ada, saya pun menyelesaikan transaksi. Pada hari itu saya mendapatkan satu buku terjemahan bagus karangan John Wood seorang mantan eksekutif di Microsoft yang berjudul Leaving Microsoft To Change The World. Tulisan menarik yang menceritakan kisah si penulis yang harus memilih meninggalkan karir gemilangnya di sebuah perusahaan raksasa (Microsoft) demi menjalankan sebuah lembaga nirlaba yang bernama Room to Read yang menyediakan buku untuk anak-anak di negara miskin. Belanjaan saya lainnya jatuh kepada sebuah majalah (Chip) yang pada edisi terbarunya memuat tema Blogging, ya lumayan lah untuk nambah-nambah pengetahuan kita dalam ngeblog.

2 Tanggapan

  1. Sebuah buku yang amat menarik…..kalau sudah rampung membacanya, anda mesti menulis review-nya di blog ini.

  2. Upsss, komennya dari Mas Yodhia Antariksa, blognya (Strategi + Manajemen) tiap hari udah jadi menu wajib buat saya loh !
    Terima Kasih dah mau berkunjung mas, terus diupdate ya artikelnya selalu menarik.

    Untuk reviewnya Insya Allah akan saya posting!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: