Aa’ Gym Bangkrut, Why?

aagym.jpg

Masih ingat sama Aa’ Gym ? Pasti dong, apalagi buat mantan pengagum Aa’…! Tapi sayangnya sejak pernikahan kedua Aa’ yang kontroversial itu, banyak dari jama’ah dan pengagum Aa’ yang berbalik badan……., mereka jadi ogah menghadiri pengajian Aa’ padahal dulu selalu duduk di jejeran paling depan, dan kalau ketawa paling ngakak sampai kelihatan lebar mulutnya di kaca televisi.

Susstttt ngapain sih, hari gini masih ngomongin Aa’ Gym ? emang tadi malem ngimpiin beliau…? ya nggak lah, saya nulis ini Cuma gara-gara ngelihat tulisan di sebuah blog dengan judul yang menurut saya agak sedikit “nakal”; Akibat Poligami, AA Gym Bangkrut begitu si penulis memberi judul. Saya sendiri agak nggak setuju dengan judul ini, seolah-olah mengkambing hitamkan poligami sebagai biang keladi kebangkrutan Aa’ Gym.

Lepas dari betul tidaknya kalau Aa’ Gym bangkrut, yang pasti saya sendiri cukup heran sejak pernikahan keduanya, Aa’ jadi jarang nonggol di TV. Padahal dulu tiap dua minggu sekali selalu “pentas” di Istiqlal dan disiarkan langsung oleh SCTV, sekarang ke mana ya ? dulu kalau dalam bulan puasa mana ada stasiun TV yang nggak nampilin sosok Aa’, tapi sekarang mana ada yang mau nampilin Aa’ lagi! dasar televisi selalu melihat dari sisi komersilnya aja, kalau orang dah nggak punya nilai jual ya udah langsung didepak….pak…pak….!

Menurut saya pribadi bangkrutnya Aa’ bukan karena poligami, justru karena dakwah si Aa’ sendiri. Pengajian yang seharusnya menjadi sarana tranfer ilmu berubah menjadi ajang tebar pesona dan kharisma sang dai. Peserta pengajian yang seharusnya focus dalam menimba ilmu, harus buyar akibat sibuk meganggin perut dan rahang yang sakit akibat dikit-dikit ketawa….(???), dan tidak sedikit juga diantara peserta pengajian yang bukannya khusyuk dengerin ceramah malah asyik nyari-nyari posisi bagus buat ngedeketin Aa’ kalau ceramah udah selesai, untuk yang satu ini apalagi kalau bukan buat photo bareng. Jadi ringkasnya sebagian besar peserta pengajian hadir justru bukan untuk menuntut ilmu, melainkan untuk bertemu dan mencari sosok si dai. Sehingga sangat disangakan ketika mereka datang dengan kebodohan kembali pun demikian tetap bodoh !

Makanya ketika Aa’ poligami banyak diantara mereka meninggalkan Aa’ karena bodoh akan poligami. Seandainya di dalam setiap dakwah Aa’ selalu mengedepankan Ilmu, saya yakin perbuatan bodoh mereka dengan meninggalkan dai nya seperti ini tidak akan pernah terjadi. Sebenarnya urusannya apa ya dakwah sama bisnis Aa’ yang bangkrut ??? memang selama ini Aa’ ngandelin dakwah untuk melicinkan dan memajukan bisnisnya ? sebenarnya Aa’ mau berdakwah apa jualan sih, sehingga jama’ahnya lebih mencari barang dagangan Aa’ dibandingkan ilmu. Makanya begitu nggak ada lagi yang nyari dagangan Aa’ langsung deh ambles tuh bisnis. Ya udahlah mungkin ini semua karena kesalahan kita semua, yang terlalu mencari dan menggagumi sosok dan figure seorang dai dibandingkan keilmuannya.

Saikh bin Bazz

Mungkin perjalanan hidup ulama-ulama besar bisa menjadi tauladan dalam kasus ini. Lihat saja Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Bazz (Mufti Kerajaan Saudi Arabia dan mantan Rektor Univ. Islam Madinah), Syaikh Muhammad Nashiruddin Albani (Ulama Yordania), dan lain-lain, yang hidup dengan poligami tetap dicintai oleh jama’ah dan muridnya hingga saat ini. Meskipun mereka telah wafat, para thalabul ilmi (penuntut Ilmu) tetap mencintai mereka. Tidak ada yang membenci, tidak ada yang meninggalkan, baPemakaman Syaikh bin Bazzhkan ketika wafatnya Syaikh bin Bazz kota Makkah penuh oleh sesak manusia yang menghantar kepergian beliau ke tempat peristirahatan terakhir. Lalu ketika hal ini terjadi pada Aa’ Gym mengapa mereka meninggalkannya? semoga Aa’ mendapat ketabahan atas ujian ini, Amin!

25 Tanggapan

  1. Apa yang terjadi pada syaikh Abdullah bin Bazz ( semoga Allah merahamatinya) tidaklah bisa dibandingkan dengan Abdullah Gymnastiar. Masyarakat di timur tengah sana lebih mudah menerima poligami dibandingkan dengan negara kita. Saya mempunyai seorang kawan yang pernah tinggal disana selama dua tahun dan banyak sekali orang -orang arab disana yang terkejut (benar – benar terkejut) ketika mengetahui bahwa kawan saya itu beristri satu,

  2. @biru langit
    Terima Kasih, yang saya maksud bukanlah membandingkan Syaikh bin Bazz dan Aa Gym. Namun dari kehidupan beliau (Syaikh bin Bazz dan ulama lainnya) terdapat pelajaran dan pembelajaran yang dapat diambil hikmahnya oleh masyarakat kita di sini.

    Terkhusus mengenai poligami, mungkin benar poligami bukan hal yang aneh disana. Namun mengapa hal tersebut terjadi? salah satu sebabnyaadalah karena mereka telah memahami hakikat sebenarnya dari poligami itu sendiri, terutama bagi kalangan penuntut ilmu dan ulama. berbeda dengan kita yang setengah-setengah dalam memahaminya, sehingga tidak sedikit mencela dan mencibir perbuatan tersebut. Wallahu’alam.

  3. Aa Gym harus menjaga supaya istri yang pertama dan kedua tidak minta cerai gara-gara kebangkrutan ini.

  4. Sekarang Aa Gym sudah bangkrut sehingga dia sekarang sudah tidak lagi merasa mampu untuk “adil”. Dia sekarang merasa keok dan konyol.

    Uang memang membuat manusia menjadi angkuh.

  5. AA Gym Bangkrut..? saya bangkrut bila hari akhir nanti amalan saya diberikan keorang-orang yang pernah saya sakiti semasa di dunia…

  6. ini suatu putaran roda kehidupan, ada masanya di atas, dan ada masanya dibawah, hanya insan yg khamil yg dapat menghadapi itu semuanya, truskan perjuanan mu saudaraku, dan pada saudaraku se islam yg kurang suka pada atas namanya poligami itu kehendak anda, sebab dalam islam telah diterangkan itu. Poligami hanya untuk insan yg siap mental luar dan dalam, ekonomi yg mapan, kebijaksanaan yg lebih dan tanggung jawab yg besar, kalo anda ngak mempunyai itu semua jangan bicarakan Poligami

  7. tolong kalau foto foto ulamanya diperbesar

  8. Di Klik aja mas photonya, Insya Allah gambarnya dapat lebih diperbesar lagi.

  9. nice to meet you

  10. Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Bazz yang doyan poligami tetap ngetop di Mekah, sedangkan Aa Gym yang doyan poligami jadi tidak ngetop lagi di Indonesia. Apakah sebabnya?
    Sebabnya adalah karena masyarakat Indonesia lebih beradab dan lebih bernurani dibandingkan masyarakat Arab!!!

    • YA…. ga begitu juga mass…mungkin di lingkungan kita ini jauh dari sunnah sehingga poligami di anggap tabuh, asalkan poligami yang sesuai syari’i….jadi jangan beranggapan orang arab kurang beradab…

  11. @ Copperkid
    Saya rasa Allah lebih mengetahui mengenai Adab dan Nurani dibandingkan kita manusia ciptaannya. Alangkah sempitnya penilaian copperkid akan hal ini……!

  12. mari khusnuzhan degan AA gym
    ini bgian dari episode hidupnya
    poligami bukan kejahatan
    aa gym tidak bangkrut

  13. Setuju, Poligami memang bukan kejahatan! Yang jahat yang nganggap Poligami itu jahat.

  14. Mengapa aa gym d tinggal jama’ahnya?? ya jelas dong…wong yg ikut kajian sama aa Gym cuma kumpulan orang 2 munafiq, apa lagi dr pihak media elektronik, munafiq tulen. masak bertahun2 ikut ngaji sama a’a belum mengerti juga hakekat hukum syar’i untuk apa? Rosulullah di utus untuk apa? yg di cintohkan Rosulullah bwt apa? bego bgt orang2 yg ninggalin a’a hanya krn beliau berpologami…..dungu tololnya minta ampun.

  15. Jd MQ corp. beneran bangkrut?. kalo menurut gw sih, mengapa perusahaan ini betul bangkrut, karena entitas bisnis lebih banyak yang bersandar pada ketokohan bukan pada produk. ketika perusahaan menjadi besar karena keberadaan “anda” , maka, sebetulnya “anda”-lah perusahaan itu. Ketika anda “jatuh”, maka semua yang melekat, termasuk perusahaan pasti terkena imbasnya. ketika lumpur porong membanjiri sidoarjo, semua beramai-ramai mengecam Aburizal Bakrie untuk bertanggung jawab. namun di saat yang bersamaan, perusahannya yang membawahi telekomunikasi CDMA (ESIA) malah meroket pendapatannya. padahal ESIA amat kental dengan BAKRIE & BROTHERS milik keluarga Bakrie.
    namun, karena fondasi bisnis yang di bangun betul-betul berdasarkan produk (Ical bukanlah perusahaannya). sama sekali tidak ada pengaruh antara nama baik pemegang kendali perusahaan dengan pertumbuhan bisnisnya, so begitulah teman-teman. kalau ada yang salah, mohon ditanggapi ok!

  16. Aa Gym
    menempuh jalan
    “ emergency exit ”
    ( mengikuti istilah yang beliau gunakan )

    Aa Gym mengambil jalan “emergency exit” ketika menikah yang kedua kali. Perumpamaannya adalah seperti di dalam gedung yang terbakar, pilihannya adalah berusaha memadamkan api atau cepat-cepat keluar lewat “emergency exit”.Memadamkan api hanya bisa dilakukan oleh seorang “fire fighter” terlatih, yang tindakannya tidak membuat situasi lebih beresiko.

    Mempersiapkan pemadam api yang portable, kecil dan ringan untuk mengendalikan “api” selagi masih kecil supaya jangan sampai menjadi kebakaran besar mungkin lebih mudah. Namun bila api muncul hingga membesar, membahayakan jiwa orang lain, maka tentu saja seorang “fire fighter” harus berusaha untuk memadamkannya, meskipun dengan jiwa dan raganya sendiri sebagai taruhannya.

    Semula, saya merasa bahwa beliau adalah satu diantara figur “fire fighter” sejati, dengan berbekal ilmu dan pengetahuannya, mampu menunjukkan, bahwa potensi munculnya “fire” pada materi, kedudukan dan lawan jenis sanggup ditaklukkan , mengorbankan “selera dunia dirinya“ untuk kepentingan umat.

    Ternyata “fire fighter” harapan saya ini kemudian memilih keluar lewat “emergency exit”, meskipun ditempat itu masih banyak yang harus dibantu, diselamatkan lewat perjuangannya, tidak serta merta langsung lari “menyelamatkan diri” meskipun tindakan ini juga boleh–boleh saja…..

  17. Soal bisnis Aa gym yg sedang lesu harusnya tidak dihubungkan dengan Poligamy, hanya saja kondisi ketahanan perusahaan-perusahaannya sejak awal memang rapuh.

    Harusnya dasar perusahaannya kokoh tanpa embel2 figur.

    Soal masyarakat banyak yg menolak poligamy karena belum tingginya kadar keilmuan masyarakat apalagi bila dibandingkan dengan Arab Saudi

    poligami bagus sebagai solusi, semoga akan lebih banyak ikhwan yang melakukannya agar banyak akhwat yang hidup dalam rumah tangga.

    poligami hanya untuk muslim, mungkin kalau yang non muslim berkomentar agak kurang nyambung, ini masalah iman.

    Wallahu A’lam bishawab

  18. katanya orang Indonesia lebih beradab dari pada orang arab tapi kenyataanya bayak koruptor, postitusi, pejabat maling, dpr doyan maen perempuan, termasuk si copperkid yang suka mencela orang.

  19. no-coment

  20. OJO DUMEH, KALO ORANG JAWA BILANG

  21. Aa’ Gym telah mempertimbangkan masak masak sebelum berpoligami, bahkan bermusyawarah dulu dengan orang orang terdekatnya, seperti istrinya ataupun guru gurunya. Kalaupun banyak orang yang tidak menyetujui dengan beliau berpoligami, semua itu di karenakan kita ” belum ” mengetahui hakekat sebenarnya dari yang namanya Poligami. Kalau kita mau belajar dan mau membuka pikiran kita terhadap kebenaran, niscaya kita akan mendapatkan banyak hikmah dari peristiwa ini. Poligami seringkali terlihat/terasa menyakitkan bagi orang yang belum siap secara mental. tapi percayalah Allah Maha mengetahui mana yang baik dan yang buruk bagi manusia. karena terkadang apa yang tidak kau sukai itu justru baik bagimu, dan terkadang apa yang kau sukai justru tidak baik bagimu. Pengetahuan manusia sungguh terbatas dan pengetahuan Allah Maha Luas. Marilah kita renungkan bersama dan janganlah saling mencela, terimakasih.

  22. emang seharusnya dari awal WYSIWYG… ga terlalu byk becanda waktu dakwah, dalil naqli harusnya selalu disertakan, jadi kesannya ga mencla-mencle.

  23. aq org indonsia yg dah lma d mlysia jd ga tau klo yg sbenernya aa’ gym dah bangkrut. Tp klo d liat dr informsi klo k’bngkrutan tu t’jd slpas aa’ poligami kya.na da bnernya jg dey. Nie jg ga t’lpas krn msyrkat indonsia yg m’nilai sempit mkna poligami jd pd ill-feel sm aa’ yg m’lkukan poligami. Rosullulloh pny alsan kuat b’poligami. Tp aa’? Dia dai yg sukses,bisnis.na ok[yg pstinya sbuk bgt],trus pny istri sholeh,ank2nya pun dah bnyak. Jd alsan pa yg m’bwat dia b’poligami ya?

  24. I love islam. Sukses trus buat MQ, Syiar mu slalu kutunggu.Yaa… Allah swt lindungi, aa Gim ku tercinta dari segala celaan orang-orang ‘baik’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: